Senin, 01 September 2014

Profil Perpustakaan SMA NUSA

A. Latar Belakang

 Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang berkualitas. Sebagai sumber belajar keberadaan perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan para pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pengetahuannya.

 Oleh karena itu, tujuan keberadaan perpustakaan sekolah yang utama adalah untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Disamping itu juga untuk menumbuhkembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca, memanfaatkan bacaan sebagai sumber informasi, memupuk daya kritik serta menyumbangkan kegemaran pribadi melalui bacaan.

 Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya perhatian khusus dari seluruh Stakeholder Pendidikan, terutama para penyusun/pengambil kebijaksanaan. Dalam hal ini Kepala Satuan Pendidikan maupun kepala instansi/ dinas pendidikan dapat mengembangkan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, segenap keluarga besar SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik melalui para pengelola perpustakaan sekolah berusaha untuk mengelola selanjutnya mengembangkan perpustakaan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik secara maksimal sesuai dengan visi dan misinya.

B. Sejarah Perpustakaan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik

 Secara de facto dan de yure SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik berdiri pada tanggal 27 Februari 1968. Namun, pada saat pembangunan unit gedung baru (UGB) SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, belum dilengkapi dengan pembangunan gedung perpustakaan.

Gedung perpustakaan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik sebagai bagian dari keberadaan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik berdiri pada tahun 1968 masih jadi satu dengan ruang guru. Kemudian secara bertahap sejak tahun 1980an telah memiliki ruang perpustakaan sendiri walaupun kecil dan pada era 1990an mulai berkembang senyampang makin meningkatnya kebutuhan siswa dan berkembangnya jumlah siswa, pada tahun 2009 gedung perpustakaan berpindah ke gedung bekas laboratorium dan Alhamdulillah pada tanggal 27 Agustus 2012 telah memiliki Gedung Perpustakaan baru yang representative dengan fasilitas yang memadai untuk kebutuhan siswa yang jumlahnya 1000an siswa dan diberi nama KEBUN BUKU LIBRARY.

 Sejak berdirinya gedung perpustakaan baru SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, maka bebagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai ditata sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan.

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan perbendaharaan koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah. 1. Hadirnya gedung perpustakaan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik.

Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:

 (1) Area lesehan, terdiri dari :
 a) Kolekasi buku referensi dan Kamus,
 b) Audio Visual,
 c) Meja Baca Lesehan, dan tentu saja perpustakaan berbasis IT.

 (2) Area Koleksi dan ruang baca,
 (3) Area Kerja dan Ruang Sirkulasi,
 (4) Area Baca Klasikal (meja lingkar), dan
 (5) Area fasilitas internet dan printer dan mesin fotokopi.

 Pada tahun pelajaran 2009/2010, perpustakaan SMA NUSA Gresik dikelola oleh 4 orang, yang terdiri dari 1 kepala perpustakaan dan 3 staf. Dengan motto Berkarya dan Berkreasi Untuk Prestasi dan Prestise, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

 C. Visi Dan Misi Perpustakaan 

 Visi : Terwujudnya perpustakaan yang representatif sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan agama.
 Misi :
1. Memberikan layanan yang ramah, tegas, tertib dan tangkas
2. Penerapan teknologi informasi yang pada intinya bertumpu pada konsep otomatisasi
3. Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah
4. Meningkatkan kerjasama (resources sharing) dengan perpustakaan dan pusat informasi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar