Senin, 23 Mei 2016

Perpustakaan SMA NU-1 Gresik Juara 1 Tingkat Jawa Timur 2015

Akhirnya dengan semangat perjuangan pantang menyerah, Perpustakaan SMANUSA "Kebun Buku Library" berhasil meraih predikat perpustakaan terbaik se-Jawa Timur alias juara 1 dalam lomba perpustakaan tingkat SLTA setelah mengungguli 5 rivalnya yang berturut-turut berada di bawah nilai SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, yakni SMAK ST Louis Surabaya (juara II), SMAN I Kepanjen Malang (juara III), SMAK ST Albertus Malang (harapan I) dan SMKN I Bondowoso.

Dengan demikian Kebun Buku SMANUSA Library berhak mewakili Jawa Timur dalam lomba tingkat Nasional dan tentu saja akan berkompetisi dengan ketat dengan wakil-wakil provinsi se-Indonesia.
Setelah melalui proses seleksi 10 besar, kemudian tim juri yang terdiri dari Drs. Ramlan Manumpak Purba, Purwatiningsih, S.Sos, Tri Herry Suharinah, SH., M.Si memeras menjadi tinggal 5 besar seperti yang tersebut di atas, tim juri kemudian melakukan visitasi (kunjungan) ke Kebun Buku SMANUSA Library untuk membuktikan dan menyamakan data autentik berdasarkan hasil pengamatan pada data yang terkirim serta presentasi pada tahap sebelumnya, maka tidak diragukan lagi oleh tim dewan juri akan fakta yang ada pada lokasi perpustakaan SMA NU-1 Gresik. Apalagi dengan hadirnya ibu Elminah Kabag perpustakaan berkenan berkunjung dan membuktikan sendiri.

Kebun Buku SMANUSA Library dibangun dengan konsep modern dan unik agar minat baca warga sekolah menjadi makin bergairah dan ujung-ujungnya diharapkan mampu membuat karya nyata berkat koleksi perpustakaan yang jumlahnya lebih dari 7000 judul buku manual maupun elektronik serta 15 ribu jumlah koleksi yang disediakan.

Ruangan didisain senyaman mungkin berdasarkan hasil usulan dari warga sekolah. Misalnya semua ruangan dilengkapi AC sehingga suhu udara nyaman terjaga, disediakan ruang baca lesehan, akses internet yang cepat yang dilengkapi dengan 10 monitor layar lebar, ID Card multi fungsi, katalog digital, ruang pamer karya siswa dan movie corner, ruang presentasi dan diskusi, ruang multimedia, ruang aula yang luas, mushollah dan ragam fasilitas yang dibutuhkan warga sekolah.

Selain itu potensi perpustakaan juga didukung dengan adanya perpustakaan kelas yang berjumlah 30 ruang serta sudut baca (reading corner) disetiap sudut sekolah. Sehingga minat baca bisa cepat dipacu karena warga sekolah dengan mudah memanfaatkan koleksi buku yang disediakan baik oleh Kebun Buku SMANUSA Library maupun koleksi buku siswa di masing-masing kelasnya sendiri.

Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan terima kasih pada semua lembaga dan perusahaan yang berkenan bekerjasama dengan kami, seperti Bank BTN, PT.PLN dengan ICON PLUSnya, PT. Petrokimia Gresik yang ikut menyumbang buku dan lembaga-lembaga lain, Orang Tua Wali, Guru, Karyawan dan siswa SMA NU-1 Gresik yang tentu sangat besar pula perannya dalam ikut andil sehingga SMA NU-1 bisa mewakili Jawa Timur untuk meraih yang terbaik di tingkat Nasional. Amin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar